Sabtu, 08 Maret 2014

Mawar dua warna (bicolor roses)

Diposting oleh My diary di 06.30
Halo, halo. di sini Baineth :D Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang dua mawar dwiwarna yang tumbuh di halaman kecil saya. Segini saja basa-basinya, langsung saja, cekidot :D

Abracadabra


Setahu saya (berdasarkan hasil googling di internet) mawar ini bernama Abracadabra. Tapi nggak tahu lagi ya kalau salah :D soalnya saya juga nggak paham-paham benar soal nama-nama mawar xD. Beberapa buku yang saya baca di perpustakaan kampus yang terbitan sunset dan apalagi gitu saya lupa ._. tidak ada yang menyebut atau mendeskripsikan mawar ini. Mungkin karena buku yang saya baca itu terbitan lama, dan memang ada yang bilang bahwa mawar ini varietas baru. Berdasarkan pengalaman, mawar ini yang paling sering berbunga di antara 9 mawar koleksi saya (berasa orang top saja koleksi, eh!). Saya menanamnya di dalam pot ukuran sedang, mungkin 20cm diameternya. Setiap berbunga nggak pernah sendiri, rata-rata 8 kuntum bunga sekali mekar, padahal tinggi tanamannya cuma 30cm an :D Pokoknya ini mawar recommended banget buat ditanam deh. Warnanya yang bi color, merah marun kecoklatan dan kuning yang begitu kontras, membuat mawar ini istimewa dan eyecatching :D


Perawatan :
Untuk pemupukan, saya nggak tahu pasti takarannya. Ya secara insting saja, asal jangan berlebihan. Organik lebih baik ya, karena nggak membuat tanah menjadi padat. Yang perlu diperhatikan adalah penyiraman. Mawar ini nggak seberapa tangguh soal kekeringan. Begitu tanahnya kering, maka daunnya akan langsung layu. Daun mawar jika terlanjur layu, maka kemungkinan besar akan kering dan rontok. Memang bisa tumbuh lagi sih, tapi kan nggak tega gitu kalau melihat mereka menderita :(
Tapi secara keseluruhan si Abracadabra ini nggak rewel. Perhatian khusus adalah hama binatang. Mawar ini doyan banget dijadikan sarang laba-laba :( karena daunnya yang rimbun dan cabang yang lumayan banyak. Jadi buat mereka berasa tinggal di apartement gitu mungkin ya. Hama lainnya yaitu aphid dan ulat bulu tentu saja. Ini hama biasa yang ada di semua tanaman, tapi untuk ulat bulu sendiri tidak terlalu banyak kok. Asal diawasi setiap hari, si ulat bulu nggak akan menjadikan mawar ini gundul tanpa sehelai daun pun.

Rating (5 untuk sempurna)
Daya tahan kekeringan                : ✿✿
Daya tahan hama                         : ✿✿✿
Daya tahan mekar bunga             : ✿✿✿

Scentimental

Ini mawar juga bagus deh. Warnanya bi color juga, magenta dan putih. Harusnya merah darah begitu ya biar seperti bisa dipakai bunga hiasan 17 Agustusan xD Oya, ngomong-ngomong soal nama, ini saya juga berdasarkan hasil googling. Ada beberapa mawar lain yang memiliki warna serupa, seperti fourth of July, namun yang paling mendekati ciri-ciri daun maupun bunga, saya anggap mawar saya ini Scentimental :D Mawar ini mawar pertama yang berhasil survive dalam jangka waktu lama di rumah saya. Dan bunganya itu lho, rajin banget. Dalam arti nggak pernah berhenti berbunga. Kelebihan lainnya adalah tahan hama, ulatnya sedikit dan dengan duri yang jarang. Pokoknya paket lengkap deh si Scentimental ini. Untuk pemula yang ingin menanam mawar, saya sarankan untuk mencari mawar ini di toko bunga terdekat :D Grab it fast!
Fokus pada bunganya ya, bukan pada jari saya xD

Baru mekar :D

Perawatan :
Secara khusus sih nggak ada. Mungkin kalau ada, yaitu pemotongan ranting-ranting kering yang sudah tidak produktif lagi harus lebih sering daripada mawar lainnya. Jangan ragu dan terlalu kasihan untuk memotong mawar yang sedikit layu. Karena kalau anda beruntung, ditinggal tidur semalam saja sudah terlihat tunas bakalan bunga baru :D kalau kurang beruntung ya keesokan harinya, tergantung tingkat kesuburan tanaman juga, hehe.

Rating (5 untuk sempurna)
Daya tahan kekeringan                 : ✿✿✿✿
Daya tahan hama                          : ✿✿✿✿
Daya tahan mekar bunga              : ✿✿✿✿


Note : Semua bunga di sini adalah milik saya, bukan pinjam tetangga ya :D hihi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

♥ Baineth's diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea